Tuesday, October 2, 2012

CEGAH STRESS ANDA



Saat ini dunia semakin hingar-bingar. Kebutuhan-kebutuhan diciptakan manusia sendiri, sehingga mereka mengalami ketergantungan dengan kebutuhan-kebutuhan yang diciptakan itu. Dulu, kita enjoy pergi kemana-mana tanpa ada HP di saku. Tetapi sekarang tanpa hp di saku rasanya masih ada yang kurang. Bukan itu saja, sekarang pabrikan besar berlomba menciptakan barang untuk manusia sehingga manusia tergiur oleh barang-barang tersebut.  Untuk memenuhi keinginan-keingan tersebut mereka rela bekerja keras membanting tulang tanpa memperhatikan kesehatan fisik mereka.


Di dalam situasi yang demikian, stress mudah menghinggapi kita. Tentu saja tingkatan stress tergantung dengan daya tahan kita. Ada yang sampai lupa diri karena tidak mampu mengendalikan diri, ada yang mampu menahan diri, tetapi yang lebih banyak stress itu banyak menciptakan perilaku aneh yang tidak wajar.  Manifestasi dari stress itu dapat kita lihat dalam bentuk kenakalan remaja, tawuran pelajar, tante-tante girang yang selalu gelisah mencari mangsa, Om-om senang yang kehausan daun hijau, korupsi yang merajalela, pembunuhan-pembunahan  sadis, dan penyalahgunaan obat-obat terlarang.


Situasi dan kondisi demikian jika kita biarkan berlarut-larut akan sangat merugikan diri kita dan orang lain. Jangan biarkan penyakit tersebut menghancurkan diri kita. Marilah kita cegah stress kita dengan tip-tip berikut. Mudah-mudahan bermanfaat.
 
ENERGI POSITIF

Keluarkan energi positif dalam diri Anda dengan selalu berpikiran positif dan optimis dalam menghadapi setiap permasalahan. Sadarlah bahwa di setiap permasalahan pasti ada jalan keluarnya.Selain itu, jangan bersikap terlalu keras pada diri sendiri. Ketahuilah bahwa setiap yang telah dibuat belum tentu pasti dapat tercapai karena adanya halangan. Bersikaplah lebih fleksibel sehingga Andapun dapat lebih menikmati hidup.


MENJAGA KESEHATAN

Di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang sehat. Maka, jagalah kesehatan tubuh Anda dengan berolah raga teratur, tidur yang cukup dan makan makanan bergizi seimbang. Olah tubuh dapat merangsang keluarnya endhorphine, yaitu zat yang membuat tubuh merasa nyaman, sehingga orang yang berolah raga teratur biasanya tempak sehat dan bahagia. Olah raga teratur ini pun harus didukung dengan pola makan dan istirahat yang baik.


KENDALIKAN EMOSI

Cara termudah untuk mengendalikan emosi adalah dengan minum air putih yang banyak saat di ambang kemarahan. Air putih ini dapat menenangkan emosi Anda dan membantu untuk berpikir lebih jernih. Emosi berlebihan yang tidak perlu justru dapat menjadi pemicu stress. Bersikaplah lebih sabar dan berpikir lebih luas agar dapat memahami setiap masalah dengan jernih.


REHAT SEJENAK

Luangkan waktu Anda sedikit untuk beristirahat. Gunakanlah akhir pekan dengan baik dan maksimal untuk memanjakan diri sendiri dan keluar dari rutinitas sehari-hari. Kumpul bersama keluarga atau teman-teman dapat menjadi cara terbaik untuk menumbuhkan energi positif dan semangat baru.

TERBUKA

Jangan pendam masalah Anda sendirian. Dengan berbagi cerita setidaknya beban terasa lebih ringan dan tidak mengendap terus di dalam pikiran.

TINGKATKAN RASA HUMOR

Secara klinis, humor dapat digunakan untuk mengatasi rasa stress. Sekarang ini di Indonesia sudah muncul kelompok-kelompok terapi yang melakukan terapi tertawa. Biasanya dilakukan oleh sekelompok orang minimal 5 orang selama 5 sampai 10 menit. Humor perlu dilakukan agar syaraf tidak terlalu tegang dan tubuh mendapat relaksasi walau sejenak.

***
 

 
 

No comments:

Post a Comment