Monday, October 29, 2012

FUNGSI BAHASA



Manusia merupakan makhluk yang perlu berinteraksi dengan manusia lainnya. Bahkan kadang-kadang mereka perlu juga berinteraksi dengan makhluk lain. Kegiatan ini membutuhkan alat, sarana atau media, yaitu bahasa.

Bahasa sebagai alat komunikasi memiliki fungsi sebagai berikut,
  • Fungsi informasi, yaitu untuk menyampaikan informasi timbal balik antara anggota keluarga maupun masyarakat. Berita, pengumuman, petunjuk, pernyataan lisan ataupun tulisan melalui media massa ataupun elektronik merupakan wujud fungsi bahasa sebagai fungsi informasi.
  • Fungski ekspresi, yaitu untuk menyalurkan perasaan, sikap, gagasan, emosi atau tekanan-tekanan perasaan pembicara. Bahasa sebagai alat mengekspresikan diri ini dapat menjadi media untuk menyatakan eksistensi (keberadaan) diri, membebaskan diri dari tekanan emosi dan untuk menarik perhatian orang.
  • Fungsi adaptasi dan integrasi, yaitu untuk menyesuaikan dan membaurkan diri dengan anggota masyarakat. Melalui bahasa seorang anggota masyarakat sedikit demi sedikit belajar adat istiadat, kebudayaan, pola hidup, perilaku dan etika masyarakatnya. Mereka menyesuaikan diri dengan ketentuan yang berlaku dalam masyarakat melalui bahasa. Kalau seseorang mudah berinteraksi dengan masyarakat di sekelilingnya maka dengan mudah pula ia akan membaurkan diri (integrasi) dengan kehidupan masyarakat tersebut. Manusia sebagai makhluk social perlu berintegrasi dengan manusia di sekelilingnya. Dengan bahasa manusia bias saling bertukar pengalaman dan menjadi bagian dari pengalaman itu. Mereka memanfaatkan pengalaman itu untuk kehidupannya. Dengan demikian, mereka merasa saling terikat dengan kelompok social yang dimasukinya. Bahasa menjadi alat integrasi (pembauran) bagi tiap manusia dengan masyarakatnya.
  • Fungsi kontrol social, Bahasa berufungsi untuk mempengaruhi sikap dan pendapat orang lain. Apabila fungsi ini berlaku dengan baik maka semua kegiatan social akan berlangsung dengan baik pula. Sebagai contoh pendapat seorang tokoh masyarakat akan didengar dan ditanggapi dengan tepat apabila ia menggunakan bahasa yang komunikatif dan persuasif. Kegagalannya dalam menggunakan bahasa akan menghambat pula usahanya dalam mempengaruhi sikap dan pendapat orang lain. Dengan bahasa seseorang dapat mengembangkan kepribadian dan nilai-nilai social kepada tingkat yang lebih berkualitas. (Puji Santosa, dkk, Materi dan Pembelajaran Bahasa Indonesia SD)
Berdasarkan pokok-pokok pikiran di atas, dapat dikatakan bahwa bahasa itu memiliki kemampuan yang hebat. Selain sebagai alat komunikasi, bahasa juga dapat mempengaruhi sikap orang lain, baik sikap positif maupun negative. Oleh karena itu, berhati-hatilah dengan bahasa! Tolok ukur yang dapat kita jadikan pegangan agar tidak tersihir oleh manisnya kata-kata, adalah satunya kata dan tindakan!

***

No comments:

Post a Comment