Thursday, April 4, 2013

Cara Install MySQL



Pada  postingan yang lalu kita telah  membicarakan definisi database secara umum dan database  MySQL.  Kami juga telah memberi contoh  cara membuat database dan table dengan menggunakan program MySQL. Tentu saja contoh-contoh tersebut hanya sebatas teori.  Agar Anda benar-benar memahaminya butuh praktek sendiri, tanpa praktek tidak mungkin Anda dapat menguasi dengan baik. Untuk keperluan itu,  agar Anda dapat berlatih menggunakan database MySQL  Anda perlu menginstall MySQL di Komputer Anda. Jika Anda belum memiliki software MySQL Anda dapat mengunduh di situs MySQL untuk mendapatkan program yang mutakhir atau Anda dapat mendownload di sini,. Nah, agar tidak terlalu bertele-tele sekarang kita mulai mempelajari cara menginstall MySQL di Komputer Anda.

Perlu Anda ketahui, dalam tutorial ini, bahwa proses instalasi MySQL yang akan kita bahas adalah MySQL dalam sistem operasi Windows. Jika Anda menggunakan sistem operasi lain, silahkan Anda unduh software yang sesuai dengan sistem operasi Anda, kemudian baca petunjuk instalasinya.

Adapun langkah-langkah yang diperlukan untuk melakukan instalasi server MySQL pada sistem operasi Windows adalah sbb:


·      Jalankan MySQl exe. Perlu Anda ketahui bahwa dalam tutorial ini kami menggunakan MySQL  esssential-5.0.24a-win32.msi.
 


 Klik Next untuk beralih ke form selanjutnya



Pilih jenis instalasi yang akan Anda lakukan. Dimaksud dengan jenis intalasi di sini adalah jenis paket sofware yang akan di install ke komputer Anda, yang telah disesuaikan dengan kebutuhan-kebutuhan yang ada. Sebagai latihan pilih  typical, kemudian klik Next.
 

Klik Install untuk mulai penginstallan. Tujuan Instalasi berada pada direktori C:\Program Files\MySQL\MySQL Server 5.0\
Nah, proses instalasi sudah berjalan. Tunggu beberapa saat hingga muncul form seperti di bawah ini :

Seperti tampak pada gambar, pilih Skip Sign-Up kemudian klik Next

Beri tanda checklist (v) pada opsi Configure the MySQL Server Now , lalu klik finish untuk mengkhiri proses instalasi.

Klik Next untuk melakukan konfigurasi Software
Pilih Detailed Configuration sebagai tipe konfigurasi, lalu klik Next


Pilih Developer Machine sebagai tipe server untuk meminimalisasi  penggunaan memori di computer Anda, lalu klik Next.

Pilih Multifunctional Database, kemudian klik Next







Klik Next untuk beralih ke Form berikutny
Seperti tampak pada gambar, pilih Manual Setting, kemudian klik Next.

Klik Next untuk melanjutkan
Pilih Standard Character Set, lalu klik Next.
Beri tanda checklist pada Install As Window Service dan Launch the MySQL Server automatically agar server MySQL dapat dijalankan secara otomatis pada saat computer Anda dinyalakan.


Masukkan password untuk user root, lalu klik Next.


Klik Execute untuk memulai proses konfigurasi pada computer Anda.


Klik Finish untuk mengakhiri proses konfigurasi. Instalasi selesai dan tiba saatnya bagi Anda  untuk mempraktekkan menggunakan database MySQL. Bagaimana caranya memulai membuat database, membuat table, melakukan perintah-perintah SQL? Pada kesempatan yang akan datang kita akan mempelajarinya, seperti janji kita, kita akan melakukannya secara bertahap agar semua materi yang saya sampaikan mudah dicerna.  Mudah-mudahan bermanfaat.
 


 

 


6 comments:

  1. terimakasih bapak udah meluangkan waktunya yg sangat bermanfaat ini di blog, yg memang sedang saya cari karna saya lagi belajar otodidak nih pak, makanya cari yg bhs indonesia biar lebih mudah di mengerti,

    pertanyaan saya-> bedanya tutorial yg bpk berikan ini antara ini, lalu mysqlsampledatabase yg ada di sini http://www.mysqltutorial.org/mysql-sample-database.aspx juga antara dgn mysql server 2003/2012 ??

    makasih buat penjelasannya

    ReplyDelete
  2. pak,ijin copas ya :D buat tugas saya di blog,, entar dicantumin alamat blog bapak,untuk sumbernya,,, ^^

    ReplyDelete
  3. Terima Kasih Informasi untuk Setting MySQL pak, sangat bermanfaat dalam hal pembelajaran :)

    Akan saya jadikan Blogroll di Blog saya :) http://arywardhanayusuf.blogspot.com/

    ReplyDelete
  4. maaf sebelumnya pak...saya install mysql kok configuration filenya tidak seperti dia atas , malah masuk ke folder "C:\Program Files (x86)\Canon\Easy-WebPrint EX" padahal saya tidak install itu... mohon pencerahannya dan terima kasih

    NB: saya menggunakan windows 7 64bit

    ReplyDelete