Wednesday, April 10, 2013

Cara Menjalankan Program MySQL



Setelah program terinstall dalam PC Anda, satu hal yang harus segera Anda lakukan adalah memulai menjalankan program MySQL. Buat apa program diinstall kalau tidak dijalankan? Bagaimanakah cara menjalankan program MySQL? Pada kesempatan yang berbahagia ini kami akan memberikan tutorial cara menjalankan program MySQL, baik secara tertulis maupun video untuk memantapkan pembelajaran kita. Baiklah, to the point saja, mari kita mulai tutorial ini step by step.

Pertama, jalankan command promt. Cara menjalankannya ada perbedaan antar Window XP dan Window 7, dan pada tutorial kali ini yang saya jadikan acuan adalah Window 7. Anda jangan khawatir caranya tidak jauh berbeda dengan Window XP. Silahkan klik star dipojok bawah yang ada ikon windownya, kemudian akan muncul gambar seperti ini :



Kemudian tulis cmd seperti tampak dalam gambar dan tekan enter, kemudian akan muncul gambar seperti berikut :



Tulis cd\ untuk masuk drive c seperti gambar berikut:



Selanjutnya mengaktifkan direktori bin dimana software MySQL terinstall dengan menulis pertintah seperti berikut ini,

C:\> cd “Program Files\MySQL\MySQL Server 5.0\bin” setelah Anda klik enter kemudian akan muncul gambar seperti berikut ini,


 
Kemudian tulislah perintah : mysql –u <nama user> -p setelah Anda laksanakan perintah tersebut kemudian akan muncul perintah agar Anda mengisi password, untuk lebih jelasnya perhatikan  gambar di bawah ini:



Isikan password sesuai dengan nama user yang Anda pilih. Jika menggunakan user root, masukkan password yang Anda tentukan saat instalasi software MySQL. Setelah Anda tuliskan password, dan password itu benar, maka akan muncul seperti berikut,





Nah, sekarang sudah tiba saatnya Anda melakukan perintah-perintah SQL untuk membuat database.  Untuk membuat database sangat mudah, Anda tinggal menulis create database <nama database>: Untuk lebih jelasnya cara membuat database dan table akan dijelaskan dalam tutorial tersendiri agar masing-masing materi yang saya sampaikan dapat lebih dipahami. Agar lebih jelas lagi silahkan klik di sini untuk melihat video tutorialnya.


3 comments:

  1. halamanya menarik dan bermanfaat untuk mahasiswa yg baru mempelajari.

    ReplyDelete
  2. jelas dan singkat artikelnya. sangat bermanfaat

    ReplyDelete

  3. Terimakasih.. tulisannya sangat bermanfaat..
    My blog
    My Campus

    ReplyDelete