Wednesday, September 4, 2013

Cara Mengakses MySql di XAMPP dengan PhpMyAdmin


Assalamu’alaikum Wr.Wb. Selamat berjumpa kembali di Blog Persahabatan, tempat kita berbagi dan bersilaturahmi. Mudah-mudahan sajian kami bermanfaat bagi Anda. Bagaimana kabar Anda hari ini ? Mudah-mudahan kita semua mendapatkan limpahan rahmat Allah SWT, dan mudah-mudahan kita selalu dalam lindungan-Nya. Pada kesempatan yang berbahagia ini kami akan kembali memberikan tutorial, setelah kira-kira selama sebulan lebih Blog Persahabatan absen memberikan tutorial. Maklumlah, bulan yang lalu adalah bulan ramadhan sehingga siempunya blog lebih banyak berwisata rohani, yang otomatis berpengaruh pada tema-tema postingan blog ini.

Kali ini kami akan kembali memberikan tutorial. Temanya adalah database. Judulnya adalah cara mengakses database mysql di server XAMPP. Pada postingan yang lalu kami pernah memberikan tutorial tentang database mysql, tetapi tidak dengan XAMPP SERVER. Kali ini saya akan berbagi informasi dengan Anda, ternyata MySQL itu dapat diakses dengan XAMPP dengan tool PHP MyAdmin maupun dengan Comand Promt. Perlu Anda ketahui bahwa pada XAMPP Server itu sudah include database MySQL sehingga tanpa menginstal program MySQL secara mandiri Anda sudah dapat menggunakan database MySql. Inilah yang menjadi tema pembicaraan kita. Selain dalam bentuk tulisan, nanti kami juga akan menyajikan dalam bentuk video tutorial agar lebih mudah dipahami.

Baiklah, sebelum melangkah lebih jauh, kita perlu tahu dulu apa XAMPP itu? 

XAMPP adalah perangkat lunak bebas yang mendukung banyak system operasi. Fungsinya adalah sebagai server yang berdiri sendiri (loacalhost), yang terdiri atas program Apache, Http Server, MySql database, PHP dan Perl. Program ini tersedia dalam GNU ( General Public Lecense) dan bebas. Merupakan web server yang mudah digunakan yang dapat melayani tampilan halaman web yang dinamis. Untuk mendapatkannya dapat mendownload dari website resminya. (wikepdia).

Nah, ternyata XAMPP tidak hanya include dengan MySQL saja, tetapi sudah terintegrasi dengan program Apache, Http Server, PHP, dan Perl. Jadi kalau kita sudah mengisntall paket XAMPP, maka dikomputer kita sudah ada program MySQL, Apache, PHP, Http Server dan Perl.

Selain XAMPP Anda juga perlu mengetahuI apa PhpMyAdmin itu ? PhpMyAdmin adalah tool yang digunakan untuk mengakses MySql. PhpMyAdmin juga disebut  MySql Client, dia adalah MySql Client yang berbasis web yang sudah disediakan saat kita menginstall XAMPP Server.

Nah, sekarang bagaimana caranya mengakses MySql di server XAMPP dengan menggunakan PhpMyAdmin ?
  • Langkah pertama adalah mengingistall XAMPP di computer Anda.
  •  Setelah terinstall masuklah ke XAMPP server dengan menuliskan localhost di Addres Bar. Sebelumnya pastikan dulu XAMPP server telah aktive.
Setelah terbuka, klik link PhpMyAdmin, nanti akan muncul gambar seperti di bawah ini,


Nah, inilah tampilan muka PhpMyAdmin. Setelah terbukan Anda sudah dapat membuat database, membuat table, mengedit database atau table, menghapus atau menambah database atau table. Jika saya jelaskan dengan kata-kata, maka akan terlalu banyak. Oleh karena itu, agar lebih mudah dipahami, silahkan download atau Anda lihat langsung video tutorial di bawah ini. Selamat belajar!


Mudah-mudahan bermanfaat !








3 comments:

  1. wah ternyata sangat mudah sekali mas membuat database melalui phpmyadmin ini, dari pada menggunakan CMD, terima kasih telah berbagi pengetahuan ilmunya ^^

    ReplyDelete
  2. wiihh.. bagus banget artikelnya kak.. ternyata Mengakses MySql di XAMPP dengan PhpMyAdmin mudah ya kak. terimakasih kak tutorialnya

    jangan lupa kunjungi website kampus saya : http://www.atmaluhur.ac.id
    kunjungi juga website saya : http://ninabella.mahasiswa.atmaluhur.ac.id/

    ReplyDelete
  3. Bingung mau ngapain? mendingan main games online bareng aku?
    cuman DP 20rbu aja kamu bisa dapatkan puluhan juta rupiah lohh?
    kamu bisa dapatkan promo promo yang lagi Hitzz
    yuu buruan segera daftarkan diri kamu
    Hanya di dewalotto
    Link alternatif :
    dewa-lotto.name
    dewa-lotto.com

    ReplyDelete