Sunday, March 4, 2018

MEMAKNAI RUH PERJUANGAN 1 MARET 1949

Terlepas dari Pro dan Kontra, hendaknya kita mengambil yang baik-baik dan membuang jauh-jauh sesuatu yang kurang bermanfaat yang akan membuat kita berpecah belah.



Ada satu hal lagi yang perlu kita renungkan, dunia ini tidak bisa hanya dilihat dengan hitam putih. Sebagai manusia tentu ada hitam dan putihnya, dan tidak seluruhnya hitam dan menganggap mereka benda mati yang tidak berubah. Ada pepatah yang mengatakan, karena nila setitik, maka rusaklah susu sebelanga. Ingat, nilanya hanya setitik, tetapi kita juga harus ingat bahwa susunya sebelanga, lebih mayoritas dari nila yang cuma setitik. Terkadang kita melupakan itu dan menanggap semuanya hitam dan kelam.

Hari ini, Minggu 4 Februari 2018 Yogyakara mengadakan Parade Juang Serangan Umum  1 Maret 1949, sesuatu yang positif dan perlu kita apresiasi.


Komunitas Djogjakarta 1945 bersama dengan Dinas Kebudayaan, Ikatan Keluarga Alumni Lemhanas, Paguyuban Wehrkreis III, dan Museum Benteng Vredburg bersinergi untuk memperingati Serangan Umum 1 Maret 1949 . Kegiatan ini dilakukan setiap tahun, untuk memperingati peristiwa Serangan Umum 1 Maret 1949. Dalam parade kali ini melibatkan kontingen militer dan seni tradisi di Yogyakarta.


Serangan Umum 1 Maret 1949 adalah serangan yang dilaksanakan pada tanggal 1 Maret 1949 terhadap kota Yogyakarta secara besar-besaran yang direncanakan dan dipersiapkan oleh jajaran tertinggi militer di wilayah Divisi III/GM III dengan mengikutsertakan beberapa pucuk pimpinan pemerintah sipil setempat berdasarkan instruksi dari Panglima Divisi III, kol. Bambang Sugeng, untuk membuktikan kepada dunia internasional bahwa TNI - berarti juga Republik Indonesia - masih ada dan cukup kuat, sehingga dengan demikian dapat memperkuat posisi Indonesia dalam perundingan yang sedang berlangsung di Dewan Keamanan PBB dengan tujuan utama untuk mematahkan moral pasukan Belanda serta membuktika pada dunia internasional bahwa TNI masih mempunyai kekuatan untuk mengadakan perlawanan. Soeharto pada waktu itu sebagai komandan brigade X/Wehkreis III turut serta sebagai pelaksana lapangan di wilayah Yogyakarta. (wikipedia bahasa Indonesia)

Sebagai manusia Indonesia, melalui momentum hari yang bersejarah ini kita semua patut memetik hikmah dari peritiwa heroik ini. Tentunya kita harus menghayati dan mengamalkan makna ruh perjuangan yang telah mereka nyalakan, bukan hanya sekedar seremonial belaka. Tetapi lebih dari itu, kita harus mampu menjaga nyala api perjuangan itu sehingga kita menjadi pahlawan-pahlawan baru dalam konteks kekinian sesuai dengan situasi dan kondisi yang kita hadapi. Bila dulu kita berperang dengan darah, maka saat ini kita harus bertarung melawan pembodohan, kesewenang-wenangan, dan menaklukan hawa nafsu yang membelenggu diri kita dan para pemimpin negeri ini.

Karena sesungguhnya bangsa ini masih membutuhkan banyak pahlawan untuk mewujudkan Indonesia yang damai, adil dan sejahtera, serta Indonesia yang bersih dan bebas dari segala bentuk korupsi. Kenapa korupsi? Mengapa korupsi menjadi sorotan? Karena penyakit ini memang parah dan sulit diberantas kalau tidak memiliki semangat juang seperti yang telah dicontoh para pahlawan. Kalau kita melihat kondisi korupsi di negari ini kita merasa miris, karena tidak hanya melibatkan oknum pejabat, yang paling menyedihkan sudah mengikutsertakan para penegak hukumnya yang semestinya bertugas memberantas korupsi. Oleh karena itu kita membutuhkan orang-orang yang mampu memaknai ruh perjuangan para pahlawan yang jujur, pemberani dan rela melakukan apapun demi kebaikan dan kesejahteraan rakyat Indonesia.



1 comment:

  1. mobil tentara indonesia emang mantap2 gank saya cinta indonesia
    numpang promo ya kak
    Agen Poker Promo Bonus New Member 30% Terbaru

    Agen lagapoker adalah agen poker terbaik dan terpercaya yang siap melayani anda dengan berbagai promo bonus yang menarik serta pelayanan CUSTOMER SERVICE yang bekerja secara profesional dan cepat. kami juga sudah dipercaya dengan melayani ribuan player tentunya.Hanya dengan 1 ID games sudah dapat bermain diberbagai jenis permainan seperti Poker,Ceme keliling,Bandar Ceme,Capsa,DominoQQ,LivePoker.

    Link websiet lengkap : http://lagapoker.net/news.php?id=108

    ReplyDelete