Wednesday, August 29, 2012

IDUL FITRI

Meskipun sudah agak terlambat, saya ucapkan minal aidin fal faizin, selamat hari raya Idul Fitri mohon maaf lahir dan batin. Mudah-mudahan pada hari raya Idul Fitri ini kita kembali ke Fitrah. Menjadi manusia baru yang senantiasa hidup patuh dan taat dengan Sang Pencipta, yang menjadi penggerak kehidupan kita. Sejatinya Idul Fitri itu tidak hanya berarti kembali berbuka, setelah satu bulan kita melaksanakan puasa ramadhan. Tetapi, dapat juga berarti kembali ke fitrah, kembali ke asal mula penciptaan manusia, dimana manusia itu diciptakan sebagai makhluk yang relegius.

Alternatif makna lain dari kata "fitrah", menurut kamus Al-Munawwir, ciptaan, agama, sunnah. Dan, menurut hemat penulis, inilah sebenarnya yang harus kita cermati bersama. Tidak berlebihan kiranya jika Idul Fitri dimaknai sebagai "kembali ke dinullah", kepada Agama Allah seperti yang telah diajarkan oleh para rasul.

Dalam pengajian-pangajian selama bulan Ramadhan, kita sering mendengar bahwa Idul Fitri itu diartikan kembali suci, sehingga orang yang berhasil puasanya akan menjadi kembali suci seperti jabang bayi yang dilahirkan, tidak memiliki dosa. Jika itu memang benar, kita cuma bisa bersyukur, siapa sih yang tidak suka jika dosa-dosanya dihapuskan. Tetapi bagaimana kalau kita maknai kembali ke Agama Allah, Dinullah?

Ingat, tujuan berpuasa agar kita bertakwa. Padahal, salah satu alternatif makna takwa adalah menjauhi segala larangan Allah dan mematahui apa saja yang menjadi Perintahnya. Hal itu sama saja kembali ke Agama Allah!

Dan, inilah saya kira yang diharapkan oleh kebanyakan rakyat Indonesia. Yakni satu harapan agar umat Islam yang berpuasa setelah Idul Fitri benar-benar kembali pada Dinullah. Sehingga korupsi dapat dihilangkan dari bumi pertiwi ini, kekerasan dapat diredam, pemerintahpun benar-benar mengurus rakyatnya, bukan hanya mengurusi kepentingan pribadinya. Pada titik akhir, negara kita akan benar-benar menjadi bangsa yang gemah ripah loh ji nawi tata titi tentrem kerta raharja. Amiin!

No comments:

Post a Comment