Sunday, January 18, 2015

Kepemimpinan Adalah Amanah

Kepemimpinan adalah amanah bukan kekuasaan. Islam memandang pemimpin dan kepemimpinan merupakan masalah yang sangat penting. Untuk mengetahui betapa pentingnya eksistensi seorang pemimpin Anda dapat menyimak sabda Rasulullah berikut ini: 

Jika ada dua orang yang berjalan, angkat salah seorang di antara keduanya menjadi imam.

Demikianlah yang ditegaskan oleh Rasulullah. Penegasan Nabi tersebut sekaligus mengindikasikan pentingnya kehadiran pemimpin dalam kehidupan masyarakat. Jika kita bepergian dengan teman kita, kita disuruh untuk mengangkat seorang pemimpin, apalagi dalam satu masyarakat atau negara! Kehadiran pemimpin diharapkan untuk mengatur dan mengayomi masyarakat agar tercipta tujuan hidup yang lebih aman, damai, dan berkesinambungan. Keserasian hidup dan keharmonisan hubungan akan terwujud jika pemimpin yang diangkat adalah pemimpin yang berkualitas. Bukan hanya berkualitas dalam hal ilmu dan pengalaman tetapi juga memberikan pelayanan publik yang baik dan menyeluruh.



Satu hal yang harus dicamkan, dalam Islam, kepemimpinan adalah amanah bukan kekuasaan. Kepemimpinan adalah tanggung jawab bukan kesewenang-wenangan. Kepemimpinan adalah tugas bukan keistimewaan. Jika seorang pemimpin dalam kepemimpinannya menunjukkan tanda-tanda yang menunjuk kepada amanah, tegas, dan tanggung jawab, ia berpotensi besar mendapat perhatian dan apresiasi publik atau oleh orang yang dipimpinnya. Namun, jika jabatan dianggap sebagai “kekuasaan”, “keistimewaan”, dan kesewenang-wenangan” tentu akan terjadi kehancuran dan kerusakan baik antarmanusia maupun kerusakan pada alam ini. Rakyat akan resah dan umat akan bingung. Pemimpin seperti ini akan dengan mudah menyalahgunakan jabatan dan kekuasaan.

Yang menjadi pertanyaannya adalah pemimpin yang bagaimana yang dapat memberikan yang terbaik kepada yang dipimpinnya? Apa syarat-syarat yang harus diipenuhi agar  seseorang layak menjadi seorang pemimpin? Apa syarat-syarat yang harus diipenuhi agar  seseorang layak menjadi seorang pemimpin?


No comments:

Post a Comment