Wednesday, February 18, 2015

TAAT KEPADA ORANG TUA


Orang tua adalah orang yang melahirkan kita. Terdiri dari bapak dan ibu, meskipun ada juga orang tua angkat atau orang tua dalam pengertian hubungan sosial. Apapun mereka, kita wajib menghormatinya, apalagi orang tua kandung yang melahirkan kita, mendidik kita, dan membesarkan kita. Bergaul dengan orang tua kita, tidak boleh sama dengan yang lainnya, misalnya dengan teman-teman kita. Dalam agama islam, orang tua memiliki kedudukan yang sangat istimewa, sehingga kita harus menghormatinya dan patuh terhadap perintah-perintahnya. Seandainya mereka menyuruh kita untuk berbuat maksiat, kita tidak boleh marah atau menolaknya dengan kasar, tetapi harus menolaknya secara lembut sehingga tidak menyakiti hati mereka.



Kita terlahir di dunia ini lantaran orang tua kita. Oleh karena itu, kita harus memberikan penghargaan yang istimewa kepada ke dua orang tua kita. Begitu pula dengan guru-guru kita, karena boleh dikatakan seorang guru adalah orang tua ke dua bagi kita karena mereka memberikan ilmu kepada kita.

Ke dua orang tua sangat besar jasanya bagi kita. Tidak ada manusia di bumi yang paling besar jasanya selain ke dua orang tua kita, terutama ibu kita. Dialah yang melahirkan kita, kemudian mengasuh, mendidik, dan membesarkan kita penuh keiklasan dan kasih sayang, tanpa ada rasa pamrih dan ingin dibalas jasanya nanti.



Islam telah menetapkan bahwa berbuat baik kepada ke dua orang tua (birrul walidain) adalah wajib dan merupakan amalan utama. Dalam hadits, yang diriwayatkan melalui sahabat  ‘Abdullah bin Mas’ud, Rasulullah bersabda :

Dari Abudlah Bin Mas’ud r.a. berkata: “Aku bertanya kepada Nabi saw.”Apa amalan yang paling disukai oleh Allah swt? Beliau menjawab: “Salat tepat waktunya”, Aku bertanya lagi: “Kemudian apa?” Beliau menjawab: “Berbuat baik kepada orang tua”. Kemudian aku bertanya lagi: “Seterusnya apa?” Beliau menjawab: “Jihad fi sabilillah.” (H.R. Ahmad, al-Bukhari dan an-Nasaa’i).

Dalam surah al-Israa’ ayat 23-24 Allah swt, berfirman:

23. dan Tuhanmu telah memerintahkan supaya kamu jangan menyembah selain Dia dan hendaklah kamu berbuat baik pada ibu bapakmu dengan sebaik-baiknya. jika salah seorang di antara keduanya atau Kedua-duanya sampai berumur lanjut dalam pemeliharaanmu, Maka sekali-kali janganlah kamu mengatakan kepada keduanya Perkataan "ah" dan janganlah kamu membentak mereka dan ucapkanlah kepada mereka Perkataan yang mulia[850].

24. dan rendahkanlah dirimu terhadap mereka berdua dengan penuh kesayangan dan ucapkanlah: "Wahai Tuhanku, kasihilah mereka keduanya, sebagaimana mereka berdua telah mendidik aku waktu kecil".
[850] Mengucapkan kata Ah kepada orang tua tidak dlbolehkan oleh agama apalagi mengucapkan kata-kata atau memperlakukan mereka dengan lebih kasar daripada itu.



Berdasarkan ayat tersebut, kita harus berbuat baik kepada kedua orang tua (birrul waalidain), terutama setelah keduanya mulai tua (lemah). Jangan sekali-kali kita menyakiti keduanya (‘uququl waaliadain), mesikipun hanya sekedar mengucapkan “ah” atau perkataan lain yang menyinggung atau menyakiti hati mereka. Kita harus selalu mengucapkan perkataan yang baik dan sopan. Kita juga diperintahkan untuk selalu mendoakan keduanya agar diampuni dosanya, baik ketika keduanya masih hidup maupun ketika usdah meninggal dunia.

Dari kedua orang tua tersebut, ibulah yang harus didahulukan untuk kita hormati. Nabi melalui beberapa hadisnya menjelaskan keutamaan ibu dari pada bapak untuk kita hormati. Dalam hadis yang diriwayatkan oleh al-Hakim, Nabi bersabda: “Orang yang paling besar haknya kepada anak adalah ibunya.”Disabdakan juga:”Jika ibu dan bapakmu memanggil kamu, datanglah (lebih dahulu) kepada ibumu. (H.R. ad-Dailami). Ada juga hadis Nabi yang diriwayatkan oleh al-Bukhari dan Muslim yang menjelaskan jawaban Nabi atas pertanyaan seorang sahabat tentang siapa yang lebih berhak untuk dihormati. Jawaban Nabi yang pertama sampai ketiga adalah ibunya, dan baru jawaban Nabi yang ke empat adalah bapaknya.

Sumber:
 Pembelajaran Pendidikan Agama Islam
, Ajat Sudrajat


No comments:

Post a Comment