Thursday, September 12, 2013

Cara mengakses MySql di XAMPP dengan Command promt



 AKSES MYSQL DI XAMPP DENGAN COMMAND PROMT


Pada postingan yang lalu kita telah mempelajari cara mengakses server XAMPP dengan menggunakan PhpMyAdmin. Sekarang tiba saatnya kita mempelajari cara mengakses MySql di server XAMPP dengan command promt. Seperti telah kita jelaskan pada postingan yang lalu, bahwa MySQL di XAMPP server dapat diakses dengan dua cara, yaitu dengan PhpMyAdmin dan dengan command promt. Untuk penggunaanya terserah selera masing-masing orang, sebab kesenangan orang itu berbeda-beda. Mungkin ada yang mengatakan bahwa akses dengan PhpMyAdmin itu lebih enak, tetapi saya kira ada juga yang lebih menyukai dengan model command promt. Bagaimana dengan Anda sendiri ? Barangkali Anda lebih enjoy dengan menggunakan PhpMyAdmin, tetapi saya kira tidak ada salahnya belajar mengakses MySql di server XAMPP dengan menggunakan command promt. Paling tidak akan menambah wawasan kita. Atau barangkali Anda butuh selingan.


Baiklah, sekarang kita mulai saja tutorial ini. Untuk kali ini kami tidak menggunakan gambar-gambar ilustrasi, tetapi kami akan langsung memberikan tutorialnya dalam bentuk video. Saya kira dalam bentuk video akan lebih mudah dipahami. Nah, simak saja video tutorial berikut ini !


Bagaimana ? Mudah, kan? Tetapi meskipun mudah Anda harus banyak praktik untuk mematangkannya. Tanpa praktik akan sulit mendapatkan kemajuan. Perlu saya ingatkan, sebelum Anda mempraktikannya, pastikan XAMPP sudah aktiv dikomputer Anda. Jika tidak aktiv Anda tidak akan bisa mengakses MySQL baik dengan command promt atau dengan PhpMyAdmin di computer Anda. Tutorial untuk mengaktivkannya juga sudah saya contohkan di video tutorial, jadi sekarang sudah tidak ada masalah lagi. Untuk memantapkan pemahaman Anda di bawah ini akan kami berikan Tutorial lain dengan tema sama, mudah-mudahan dapat memperlancar pembalajaran ini.



Baiklah, untuk tutorial kali ini kita cukupkan sekian saja, sampai bertemu lagi pada tutorial yang lain. Kami minta maaf jika ada hal-hal yang kurang berkenan. Meskipun Cuma sederhana, kami berharap tutorial ini bermanfaat bagi Anda. Amiin!

Video Tutorial Cara Mengakses MySQL di Server XAMPP dengan Command Promt dibuat oleh Edy Tenan Home Production atau pemilik Blog Persahabatan sendiri.







No comments:

Post a Comment