Sunday, September 16, 2012

JANGAN BIARKAN MALAPETAKA INI TERJADI LAGI!

Adakah keanehan yang terdapat di dalam sifat manusia? Mereka dapat menjadi seperti malaikat, tetapi kadangkala mereka menjadi iblis. Bahkan kejam melebihi binatang. Itulah manusia. Sesungguhnya Tuhan telah menciptakan manusia sebaik-baik makhluk, tetapi jika mereka diperbudak oleh hawa nafsu mereka menjadi seburuk-buruk makhluk.

Apakah Anda ingin melihat kebobrokan manusia? Kita tidak perlu membuka buku-buku tebal tentang kemanusiaan, atau bertanya pada para ahli sosial atau keagamaan. Kita cukup membuka lembaran sejarah masa lalu yang akan mempertontonkan potret buram sejarah kemanusiaan, perang yang berdarah-darah, dan penindasan antara manusia yang satu dengan yang lainnya.Bangsa kitapun termasuk salah satu bangsa yang sudah kenyang dengan penindasan. Belanda mengangkangi kita selama 350 tahun. Para leluhur kita diperbudak, kekayaan alam dikuras, banyak nyawa melayang tanpa tahu kesalahan apa yang mereka perbuat. Akhirnya Jepang datang, dan Belanda hengkang!Tetapi bukan kebahagiaan yang didapatkan, tetapi kesengsaraan yang tidak kalah hebatnya ketika Belanda masih menguasai bangsa kita.

Namun demikian, Jepangpun akhirnya takluk oleh bangsa lainnya. Bangsa yang memiliki kekejaman yang luar biasa karena tega melakukan pembunuhan massal. Pada tanggal 6 Agustus 1945, tepat pukul 08:15 pagi waktu setempat, sebuah bom atom , yang diberi nama "litle Boy" jatuh tepat di Hirosima. Bom atom yang dibawa oleh pesawat pengebom Amerika serikat, B-29 ini meluluh lantakan kota Hiroshima yang saat itu menjadi pusat industry Jepang. Tiga hari kemudian, tepatnya pada tanggal 9 Agustus 1945 bom atom yang diberi nama "Fat Man" jatuh di Nagasaki. Lengkap sudah penderitaan Jepang yang diakibatkan perang pada waktu itu. Bom atom ini membunuh sebanyak 140.000 orang di Hiroshima dan 80.000 di Nagasaki pada akhir tahun 1945. Sejak itu, ribuan telah tewas akibat luka atau sakit yang berhubungan dengan radiasi yang dikeluarkan oleh bom nuklir itu.
1 minggu setelah peristiwa ini, kaisar Jepang mengumumkan bahwa Jepang sepakat mengakhiri perang dunia ke 2 sebagai pihak yang kalah. Hal ini disambut dengan rasa haru oleh para korban Hiroshima, mereka yang masih bisa bertahan hidup masih dilingkupi dengan banyak pertanyaan mengenai bom apa yang dijatuhkan pesawat B – 29. Ada yang berspekulasi bahwa itu merupakan bom kimia, karena setelahnya banyak korban yang mengalami rasa mual dan pusing teramat sangat setelah bom jatuh, ada juga yang menganggap bahwa selain menjatuhkan bom, Amerika serikat juga menjatuhkan sejumlah racun dan bahan kimia lain sehingga membakar kota dan meracuni korban lainnya.

Untuk lebih detail lagi, Anda dapat membuka buku-buku sejarah masa lalu untuk pembelajaran bagi kehidupan kita. Apapaun alasannya, ternyata perang membawa kesengsaraan. Dan siapakah yang kejam dan sadis, potensi sifat iblis yang ada pada diri manusia akan tampak nyata dan tidak perlu kita teladani.

1 comment:

  1. sisi positifnya sih klo ngga di bom,, masih di jajah kita sama Jepang

    ReplyDelete