Sunday, March 24, 2013

Kekayaan Tidak Identik dengan Hedonisme



Apakah kaya itu tidak boleh? Apakah orang kaya itu identik dengan hedonism. Orang yang suka bermewah-mewah hingga mereka tidak sadar ketika jatah hidupnya sudah habis, alias masuk kubur! Sebenarnya tidak demikian, kekayaan itu tidak identik dengan hedonism. Kekayaan itu apabila berada di tangan orang-orang beriman, maka harta tersebut akan memberkahi orang lain, akan bermanfaat bagi lingkungannya sehingga dapat ikut membantu kesejahteraan umat. Orang yang beriman akan meletakkan harta mereka di tangan, bukan di dalam hati mereka. Apa artinya? Artinya harta tidak menguasai hatinya, tidak dia cintai melebih cintanya terhadap Allah Pencipta Semesta alam ini, tidak memperbudak dirinya, dan tidak menjadi motivasi gerak hidup mereka. Sehingga mereka meletakkan harti itu di dalam genggaman tanganya. Mereka senantiasa berpikir bagaimana cara membelanjakan harta yang dia miliki itu untuk mencari keridhoan Allah. Karena di dalam hati mereka telah terpatri bahwa sesungguhnya keberedaan mereka, atau sesungguhnya mereka diciptakan oleh Allah hanyalah untuk beribadah atau hidup mengabdi menurut-Nya.
Sementara itu, bagi orang-orang yang tidak beriman, yang jauh dari Allah Pencipta Alam semesta ini, keberadaan harta yang dia miliki justru akan menjerumuskan mereka ke dalam gaya hidup hedonis. Suka bermewah-mewah, akhirnya perlahan-lahan, secara tidak disadari mereka berani menerjang apa saja yang dilarang oleh Allah.

Barangkali Anda menganggap terlalu menyederhanakan, jika saya katakana bahwa sesungguhnya bagi orang-orang yang tidak menjadikan ajaran Allah sebagai dasar berpijak dalam kehidupannya, sebenaranya mereka hanya terbelenggu dalam tiga hal. Yaitu, harta, tahta, dan wanita. Atau dengan kata lain hidupnya hanya digerakkan oleh perut, bawah perut, dan atas perut. Perut adalah lambang dari makan, maksudnya seluruh hidupnya hanya didedikasikan untuk mencari makan … makan … dan makan, seolah-olah makan itu menjadi Tuhan mereka. Atas perut adalah lambang kekuasaan. Artinya kehidupannya hanya didedikasikan untuk mencari kekuasaan untuk memenuhi syahwatnya. Kekuasaan yang mereka peroleh biasanya hanya digunakan untuk memenuhi kepentingan pribadi dan kroni-kroninya. Orang yang demikian ini, jika menjadi pemimpin biasanya bersikap otoriter, korup dan menindas rakyat baik dilakukan secara halus maupun kasar. Bawah perut adalah lambang dari sex, dimana mereka bekerja keras, memeras keringat dan membanting tulang hanya demi memenuhi tuntutan libidonya. Mengumbar nafsu birahi. Menjadi tukang kawin, bahkan gemar mencari pelacur!

Bagaimanakah dengan kita? Apakah kita termasuk orang yang meletakkan harta di dalam tangan atau di dalam hati? Apakah kita termasuk orang yang diperbudak oleh hawa nafsu atau orang yang dapat mengendalikan hawa nafsu?

Sebenarnya, sebagai manusia yang dikarunia akal oleh Allah bebas memilih. Hanya saja, masing-masing pilihan itu membawa konsekuensi sendiri-sendiri. Jika kita memilih jalan gelap, kepastiannya bahwa kita akan tersesat dan jika tidak bertobat dapat terjerumus ke dalam jurang kenistaan dan kesengsaraan. Sebaliknya, jika kita memilih jalan terang, jalan akan tampak dengan jelas dan terang-benderang sehingga kita tidak mungkin tersesat lagi, apalagi sampi terjerumus ke dalam jurang. Orang-orang yang memilih jalan ini hidupnya akan selalu dirahmati oleh Allah. Wallahu a’lam bi showab!

7 comments:

  1. I have been reading your posts regularly. I need to say that you are scr888 apk all version doing a fantastic job. Please keep up the great work.

    ReplyDelete
  2. I really loved reading your thoughts, obviously you know what are you talking tm.scr888.apk about! Your site is so easy to use too, I’ve bookmark it in my folder -D

    ReplyDelete
  3. Hi there, I just wanted to say thanks tm.918kiss.m for this informative post, can you please allow me to post it on my blog

    ReplyDelete
  4. I really love your weblog, Its great to find not ultra test x male enhancement absolutely everyone is just posting a ton of rubbish these days!

    ReplyDelete
  5. I like your post scr888 login & I will always be coming frequently scr888 download 2019 to read more of your post. Thank you very much scr888 android and ios download for your post once more.

    ReplyDelete