Wednesday, April 3, 2013

Pengertian Database



Istilah database saat ini sudah sedemikian merakyat, sehingga dalam segala lapangan basis data atau database banyak dibicarakan dan digunakan. Nah, sekarang anda perhatikan, sekarang ini lembaga mana yang tidak menggunakan databases, terutama ketika system computer sudah menjadi kebutuhan pokok. Kita sering dengar peristilah tersebut, agar kita lebih paham, marilah kita coba membedah pengertian database, tentu saja pembahasan kita kali ini secara garis besar saja, karena selain ilmu penulis belum mumpuni, cakupan database memang cukup luas.

Pengertian Databa


  • Database adalah sekumpulan data yang terdiri dari satu atau lebih tabel yang saling berhubungan.
  • Database adalah kumpulan data yang terintegrasi dan diatur sedemikian rupa sehingga data tersebut dapat dimanipulasi, dan dicari secara cepat. Selain berisi data, database juga berisi metadata. Metadata adalah data yang menjelaskan tentang struktur dari data itu sendiri. 

Kalau kita berbicara database, kita tidak bias lepas dari table, karena data-data yang ada pada database tersebut disimpan dalam table. Apakah table itu?

Tabel atau table adalah media untuk menyimpan data yang telah dan mempunyai sesuatu tema tertentu. Misalnya, table yang digunakan untuk menyimpan data karyawan yang berisi nomor induk karyawan, nama karyawan, alamat karyawan, dan statuss karyawan, yang kesemuanya itu disimpan dalam field-field tertentu.
  
Demikianlah  sekilas tentang database. Untuk melengkapi pemahaman Anda, silahkan cari literature-literatur lain yang membicarakan masalah database lebih detail lagi. Agar pemahaman Anda lebih komprehensif, jika Anda sempat, baca saja buku-buku tentang pemrograman. Seperti Dhelpi, Visual Basic, MySQL  atau apa saja yang ada kaitannya dengan database. Jika Anda membacanya, tidak hanya sekedar teori, tetapi Anda bisa langsung mempraktekkan cara membuat database dan table.

Sebagai contoh, agar Anda terpicu untuk belajar lebih giat lagi, dibawah ini akan saya berikan contoh cara membuat database dan table dengan MySQL. Bagaimana membuat database di MySQL. Mudah. Simak saja contoh di bawah ini.

Untuk membuat database Anda cukup menuliskan – create database <nama database> Jangan lupa kasih semi colon atau titik koma, kemudian klik enter. Agar lebih jelas lagi perhatikan capture di bawah ini.




Untuk mengecek data base yang telah kita buat, coba silahkan Anda tulis show databases; kalau sudah dibuat nama database latihan akan tercantum di dalam daftar database seperti berikut ini.



Nah, di dalam daftar tersebut sudah tampak database latihan. Untuk menggunakan database latihan Anda harus menuliskan use latihan …. Dsb. Demikianlah sekelumit tentang databases. Untuk lebih jelasnya, pada pertemuan yang akan datang akan saya bahas secara khusus database mySQL. Selamat belajar!

















1 comment: