Monday, February 17, 2014

Akibat Erupsi Gunung Kelud di Yogyakarta

Hujan Abu Vulkanik


Tidak terduga, abu vulkanik letusan gunung kelud sampai di Yogya juga. Ketika pertama kali hujan abu banyak orang mengira bahwa penyebabnya adalah gunung Merapi. Siapa tahu, ternyata gunung kelud yang menebar abu vulkanik.


Abupun beterbangan melingkupi kota Yogyakarta sehingga jarak pandang Cuma beberapa meter. Kalau tidak hati-hati besar kemungkinan akan terjadi kecelakaan di jalan. Di rumahpun panen abu vulkanik sehingga perabotan rumah tangga terkena abu. Yang bahaya adalah barang-barang elektronik, misalnya laptop. Jika tidak pandai-pandai mengamankannya, bisa jadi setelah hujan abuk vulkanik laptop kita ngadat. Itu artinya kita harus keluar duit untuk memperbaikinya. Tetapi jangan terlalu mendewa-dewakan benda, justru kesehatanlah yang patut diprioritaskan. Hindarkan hidung dan mulut Anda menghirup abu vulkanik. Hindarkan mata Anda terkena abu vulkanik. Caranya ya … pakailah masker pengaman, apalagi jika sedang berkendaraan. Yang biasa jarang mengenakan helm, pakailah helm sehingga menutup seluruh kepala Anda. Helm plus masker rasanya sudah cukup aman untuk perjalanan Anda. Yang lebih aman lagi, jika tidak penting jangan keluar rumah dulu.


Ini adalah fenomena alam. Haruskah kita menyesali fenomena ini? Tuhan telah menetapkan bahwagunung-gunung itu adalah pasak-pasak bumi, media yang digunakan untuk memperkuat bumi. Jika tidak ada gunung bumi akan kehilangan keseimbangannya. Biarkan mereka bekerja memenuhi perintah Rabbnya.


Kita tidak perlu mengeluh, mengumpat meskipun lingkungan di sekitar kita kotor oleh hujan abu vulkanik. Rumah kita jadi kotor, kendaraan kesayangan kita jadi kotor, pakaian kita jadi kotor. Itu hanya benda dan dengan mudah kita akan membersihkannya. Yang penting hati kita jangan kotor. Sebab, jika hati kita yang kotor maka akan terjadi malapetaka hebat dalam kehidupan kita. Sejatinya, hati yang kotoralah sumber bencana itu, bukan gunung Kelud atau Gunung Merapi.
Dari hati yang kotorlah munculnya ketidakadilan di muka bumi ini, korupsi yang menghisap darah rakyat, perampokan dan penggarongan,  sex bebas, peselingkuhan, dan pembunuhan-pembunuhan yang tidak mengenal perikemanusiaan!










No comments:

Post a Comment