Tuesday, May 21, 2013

MEMBERI HAK AKSES

MEMBERI HAK AKSES USER


Salah satu kehebatan MySQL dari sisi keamanan adalah memiliki kelebihan dalam sistem pengaturan user. User adalah orang yang berhak menggunakan database. Sejauh mana user tersebut dapat bekerja di dalam database bersangkutan ditentukan dari hak akses yang dimilikinya: apakah sebagai administrator ataukah hanya sekedar operator. Seorang database administrator (DBA) akan memiliki hak akses penuh terhadap database yang diolah, sedangkan operator biasanya hak aksesnya akan dibatasi atau disesuaikan dengan pekerjaannya.


Untuk membuat user di dalam MySQL, digunakan perintah CREATE USER, yang memiliki bentuk penggunaan sebagai berikut;

CREATE USER <nama user> IDENTIFIED BY <password>;

Contoh : CREATE USER EDY INDENTIFIED BY '1a2b3c4e';

Perintah di atas akan membuat user baru dengan nama EDY dan password '1a2b3c4e'. Perlu anda ketahui bahwa user tersebut hanya dibuat, tapi belum bisa digunakan untuk login ke server MySQL karena belum memiliki hak akses apapun. Sebagai bukti pernyataan ini, silahkan Anda coba masuk dengan user di atas. Pasti belum bisa login.

Memberi Hak Akses Kepada User

Dalam SQL, perintah yang digunakan untuk memberi hak akses kepada seorang user adalah GRANT. Perintah GRANT memiliki bentuk umum penggunaan, sbb:

GRANT <hak akses>
ON {<nama tabel>| * | *.* | <nama database>.*}
TO <user name>
IDENTIFIED BY '<password>'';

Contoh :
GRANT ALL
ON STOK_BARANG.*
IDENTIFIED BY '1a2b3c4d';

Perintah diatas akan memberi semua hak akses pada semua tabel yang terdapat dalam database STOK_BARANG ke User dengan nama sutopo dan passwordnya adalah 1a2b3c4d. Sementara itu untuk memberi bebereapa hak akses pada tabel tertentu, kita dapat menggunakan tanda koma sebagai pemisahnya, seperti contoh berikut ini:

GRANT USAGE, INSERT, UPDATE, DELETE, SELECT
ON BARANG
IDENTIFIED BY '1a2b3c4d';

Pada perintah di atas, kita memberikan hak akses USAGE: INSERT, UPDATE, DELETE, dan SELECT pada tabel BARANG kepada user dengan nama sutopo. Melalui perintah tersebut, user bersangkutan hanya bisa memasukkan, mengubah, menghapus, dan mengambil/menampilkan data yang terdapat pada tabel PENGARANG.

Demikianlah sekilas tulisan tentang membuat user dalam database mysql, mudah-mudahan yang sedikit ini mampu memicu Anda untuk mempelajari lebih mendalam lagi. Semoga kesuksesan selalu menyertai Anda. Amiin!


No comments:

Post a Comment