Tuesday, May 14, 2013

Tutorial Instalasi APPSERV

Setelah beberapa postingan kita membicarakan database, ada baiknya kali ini kita berbicara masalah server local. Cara membuat server local dengan APPSERV. Mencari softwarenya, menginstall dan melakukan konfigurasi. Lho koq meloncat-loncat, barusan bicara masalah database koq langsung meloncat ke server local. Sebenarnya melakukan instalasi APPSERV terdapat benang merah dengan database yang kita pelajari, yaitu database mySQL. Apa hubungannya? MySQL sudah terintegrasi dengan APPSERV, sehingga tanpa menginstal MySQL kita sudah dapat mengoperasikan database MySQL. Di dalam APPSERV sudah ada MySQL.

Selain dapat mengoperasikan database MySQL, Anda juga dapat membuat server local yang dapat Anda gunakan untuk meletakkan, mengedit website Anda secara offline. Baru, setelah dirasa bagus Anda dapat mengonlinkannya.

Nah, sekarang sudah paham, kan? Jadi Anda tidak usah khawatir! Setelah membaca dan melihat tutorial ini Anda dijamin langsung bisa, jika sampai Anda tidak bisa …. ya silahkan belajar lagi ..! He he he he ! Tentunya Anda juga harus banyak latihan dan berani mencoba, tidak usah takut salah.

Oke, agar tutorial ini lebih mudah dipahami, akan saya sertakan videonya. Sebab sesuatu yang sifatnya teknis sangat sulit dipahami jika hanya diterangkan dengan kata-kata. Sesuatu yang sifatnya teknis memerlukan audio visual, bahkan Anda harus terus menerus melakukan praktek untuk mematangkannya.

Wah, tidak usah bertele-tele seperti para politikus, ya. Sekarang silahkan putar videonya, simak, pahami, dan kemudian praktekkan. Insya Allah Anda akan menguasainya.

No comments:

Post a Comment