Friday, May 31, 2013

Tutorial Macromedia Dreamweaver

Membuat Website dengan Macromedia Dreamweaver


Macro Media Dreamweaver. Nama Software ini saya kira sudah sangat akrab ditelinga para pengembang Website sebab Software ini kerapkali dijadikan pilihan dalam pembuatan Website.


Aplikasi Macromedia Dreamweaver memang memiliki keunggulan dibandingkan dengan aplikasi sejenis seperti: kemampuan manangani layout halaman web, fasilitas membuat web interaktif yang lengkap dan kemudahan dalam menjalankan programnya.

Pertimbangan inilah yang memotivasi penulis untuk membuat tutorial sederhana Macromedia Dreamweaver, khususnya Macromedia Dreamweaver versi 8. Tentu saja tutorial ini tidak dapat kami selesaikan dalam satu kali postingan mengingat banyaknya materi yang terkandung di dalamnya. Kami rencanakan tutorial ini akan kami sajikan dalam beberapa postingan, sesuai dengan kebutuhan. Selain itu, adalagi pertimbangan yang tidak kalah pentingnya, yaitu makin pesatnya pekermbangan website, sehingga pengguna website kini semakin banyak.

Maklumlah, saat ini website merupakan media komunikasi yang cukup efektif dan murah dibandingkan media lainnya karena keberadaannya dapat dijangkau dari mana saja serta dapat diakses kapan saja. Seperti apakah Website itu? Bagi sahabat-sahabat yang sudah terbiasa berkecimpung di dunia maya saya kira sudah tidak asing lagi dengan website. Pada dasarnya website itu terdiri dari halaman-halaman web yang saling berhubungan yang dapat diakses melalui internet dengan alamat tertentu, misalnya http://www.kampuskita.boxhost.me Dalam sebuah website berisi informasi-informasi yang berupa teks, gambar, suara dan link-link yang menghubungkan ke halaman web lainnya. Agar lebih jelas, terutama bagi para Newbie, perhatikan gambar website berikut ini. Website ini penulis buat dengan program Macromedia Dreamweaver.



Selain berfungsi sebagai media komunikasi, ternyata website tersebut mampu meningkatkan image bagi perusahaan atau kalangan profesional yang telah memilikinya.

Dari kondisi tersebut, tidak mengherankan jika saat ini mulai bermunculan usaha yang berupa jasa pembuatan website dari yang bersifat perorangan sampai perusahaan pembuat website yang berskala nasional dengan klien perusahaan-perusahaan besar.

Mungkin Anda bertanya-tanya dalam hati. Apakah membuat website itu sulit? Jawabannya tidak. Membuat website itu mudah. Berbeda dengan zaman dulu, pada awal perkembangannya, membuat website memang sangat sulit karena pembuatannya masih mengandalkan bahasa scipting yang disebut pemrograman html. Tetapi saat ini telah berkembang program aplikasi yang sangat canggih sehingga membuat halaman web semudah menggunakan program aplikasi pengolah kata seperti Ms Word.

Program aplikasi yang sangat populer di kalangan praktisi developer web adalah Macromedia Dreamweaver. Dibandingkan dengan program aplikasi sejenis lainnya, Macromedia Dreamweaver memiliki banyak keunggulan. Agar lebih obyektif Anda memang harus mencobanya sendiri. Simak dan praktekkan tutorial ini, mudah-mudahan bermanfaat bagi Anda. Saya kira pada pendahuluan ini kita cukupkan sekian saja, sampai berjumpa lagi di postingan berikutnya, dimana kita akan mulai membicarakan Macromedia Dreamweaver.



No comments:

Post a Comment