Thursday, May 2, 2013

Menambah Data Ke Dalam Tabel



Data Manipulation Language (DML) adalah kumpulan perinth SQL yang berkaitan dengan data atau isi dari suatu table. Dengan perintah-perintah di dalam DML, kita dapat memanipulasi (menambah, mengubah, dan menghapus) data yang terdapat pada suatu table dengan mudah.

Perintah-perintah yang termasuk ke dalam DML adalah:

INSERT, berfungsi untuk menambah atau memasukkan data barau ke dalam table
UPDATE, berfungsi untuk mengubah data dalam table dengan nilai baru
DELETE, berfungsi untuk menghapus data dari suatu table

Menambah Data Ke Dalam Tabel
Untuk menambah atau memasukkan baris data ke dalam suatu table, kita perlu menggunakan perintah INSERT. Untuk lebih jelasnya perhatikan contoh berikut. Misalnya kita akan memasukkan data ke table  barang yang memiliki struktur table : KODE_BRG, NAMA_BRG, SATUAN, HBELI, HJUAL.
INSERT INTO BARANG (KODE_BRG, NAMA_BRG, SATUAN, HBELI, HJUAL)
            VALUES (‘BT.001’,’BUKU TULIS TOP’,’PIECES’,’5000’,’6000’);

Coba Anda perhatikan sintaks tersebut di atas. Pertama kali kita menuliskan Insert Into <nama table>. Kemudian ditulis kolomnya dalam tanda buka dan tutup kurung. Data yang kita tambahkan ditulis setelah Values seperti tampak pada gambar. Sebenarnya kita bisa langsung menulis Values jika akan diisi semua. Seperti berikut;

INSERT INTO BARANG VALUES (‘BT.001’,’BUKU TULIS TOP’,’PIECES’,’5000’,’6000’);

Penulisan kolom sebenarnya hanya dilakukan jika Anda tidak akan mengisi semua fieldnya. Seperti contoh berikut;
INSERT INTO BARANG (KODE_BRG, NAMA_BRG)
VALUES (‘BT.001’,’BUKU TULIS TOP’);

Kesimpulannya, jika Anda ingin mengisi semua field Anda boleh tidak menuliskan kolomnya. Penulisan kolom hanya dilakukan jika Anda tidak mengisi semua Fieldnya.

Oke, agar lebih jelas lagi, berikut ini akan kami demokan cara menambah atau memasukkan data baru ke dalam table. Kami akan menambahkan data seperti yang tertulis di atas. Mudah-mudahan dapat membantu pemahaman Anda. Saya mengasumsikan bahwa Anda telah membuat databasenya, jadi kita tidak usah membuat databasenya lagi. Jika Anda belum jelas cara membuat database, silahkan buka merancang database yang telah kami upload.

Pada kasus ini database yang akan kita gunakan adalah stok_barang, dimana database tersebut memiliki tiga table, yaitu stok-barang, supplier, pembelian. Sebelum Anda menuliskan perintah Insert, terlebih dulua Anda harus masuk ke database stok_barang dengan perintah use stok_barang. Setelah masuk, Anda dapat langsung menulikan perintahnya.


 DEMO MEMASUKKAN DATA KE DALAM TABEL

No comments:

Post a Comment