Thursday, May 9, 2013

Menampilkan Data Tabel

Pada postingan yang lalu kita telah mempelajari cara memasukkan data ke dalam table. Karena yang digunakan adalah MySQL, maka penambahan data ke dalam tabel tersebut melibatkan database. Di dalam MySQL, kalau kita mau membuat, melakukan perubahan terhadap table kita harus mengaktifkan databasenya yang digunakan untuk membuat tabel tersebut dengan cara menuliskan perintah use <nama database>. Misalnya databasenya stok_barang, maka perintahnya adalah, use stok_barang. Setelah diaktifkan kita baru bisa bekerja dengan tabel. Silahkan putar kembali demo video tutorial cara membuat tabel pada postingan yang lalu. Di sana di tunjukkan urut-urutan ketika akan membuat dan bekerja dengan tabel yang telah kita buat.

Nah, untuk kali ini kita akan lanjutkan dengan topik seleksi data. Untuk menyeleksi data kita menggunakan perintah select. Untuk mengambil dan menampilkan data dari database, kita perlu menggunakan perintah select. Perintah ini merupakan perintah yang sangat penting dalam SQL. Dengan perintah ini, kita dapat mengambil baris-baris data dari satu tabel atau lebih.

Contoh penggunaan perintah select yang paling sederhana adalah : SELECT * FROM BARANG; maksud dari perintah tersebut adalah perintah untuk menampilkan seluruh data yang ada di dalam tabel barang. Jika Anda tidak ingin menampilkan semua, maka harus menuliskan kolom-kolom yang anda pilih. Seperti contoh berikut ini:

SELECT KODE_BRG, NAMA_BRG, SATUAN FROM BARANG;
Perintah tersebut maksudnya hanya memerintahkan untuk menampilkan data yang terdapat pada kolom kode_brg, nama_brg, dan satuan yang terdapat pada tabel barang.

Dari dua contoh di atas dapat kita simpulkan bahwa jika kita menggunakan tanda asterik (*) dalam perintah SELECT, maka seluruh kolom yang ada di dalam tabel akan ditampilkan, dan urutannyapun sama persis seperti aslinya, yaitu sama seperti ketika dibuat atau didefinisikan. Namun, adakalanya kita hanya ingin menampilkan beberapa kolom saja, seperti contoh di atas, kita tidak menggunakan tanda asterik dan harus menulikan kolom-kolom yang kita pilih.

Untuk lebih jelasnya akan kami tayang demo seleksi data dalam video sebelum kita melanjutkan seleksi data yang lebih rumit lagi, yang menggunakan beberapa kriteria sesuai dengan kebutuhan kita. Selamat belajar! Mudah-mudahan bermanfaat !



No comments:

Post a Comment