Sunday, June 16, 2013

FESTIVAL KESENIAN SLEMAN

Tari Badui di Festival Kesenian Sleman


Seni Tari Badui Sabilul Muslimin Kembali menghibur pemirsa ketika festival kesenian Sleman di lapangan Denggung 6/15/2013 sebelum kirab budaya dilakukan. Peserta lain yang ikut kirab budaya adalah adalah kesenian Trengganon dari Kecamatan Minggir, Baritan dari Moyudan, Bregada Sunan Kalijaga dari Seyegan, Bregada Kuntul Sarombo dari Mlati, Bregada Kuncoro Wismo Godean, reog dari Gamping, Bregada Kalirase Kecamatan Sleman, Kubrasiswa dari Turi, Badui dari Tempel, Angguk Kipas dari Pakem, Wayang Wong dari Cangkringan, Kesenian Topeng Affandi Depok, Topeng Pedalangan dari Kalasan, Rampak Kethek dari Prambanan, Reog Keprajuritan dari Berbah, Bregada Ki Ageng Wonolelo dari Ngemplak dan Sastra Tutur dari Ngaglik.

Tema yang diusung oleh festival tersebut adalah “Melalui Festival Kesenian Kita Junjung Tinggi Keragaman Budaya Sebagai Jati Diri dan Benteng Bangsa.” Sleman memang memiliki keragaman budaya, tidak mustahil budaya-budaya tersebut dijadikan perekat persatuan. Meskipun sebenarnya arti kebudayaan itu cakupannya lebih luas. 


Tari Selamat Datang diperagakan oleh Mahasiswa UNY dalam pembukaan Festival Kesenian Sleman 20013. Tampak gerakan mereka sangat lembut, luwes, anggun, dan sangat enak dipandang mata. Kelembutan dan keanggunan ternyata juga menyimpan keindahan yang luar biasa.



Selain tari selamat datang, pembukaan karnaval tersebut juga dimeriahkan dengan tarian yang berjudul Ario Penangsang Leno yang melibatkan banyak personil penari. Penampilan mereka tidak kalah menariknya dengan tari selamat datang. Masing-masing memiliki kelebihan sendiri.


 
Para penari cantik yang memerankan sebagai kuda dalam peperangan sedang berlenggang-lenggok memukau para penonton.

Demikianlah gambaran sekilas Festival Kesenian Sleman 2013 sebelum kami sajikan video kesenian tari badui yang diperagakan oleh Paguyuban Seni Tari Badui Sabilul Muslimin Nglengis Banyurejo Tempel Sleman. Agar anda tidak penasaran, simak saja video berikut ini, Anda akan menemukan bahwa dibalik gerakan yang energik dari tarian badui tersebut menyimpan keindahan yang tidak kalah dengan tarian lain. Selamat Menikmati!








1 comment: