Friday, June 7, 2013

Tari Badui

Sudah beberapa postingan kita berbicara masalah tehnik. Masalah Database, Tutorial Macromedia Dreamweaver, dan masalah tehnis lainnya. Agar pikiran kita tidak tegang, ada baiknya kali ini kita selingi dengan kesenian.

Sebelum mulai saya akan mengutip pepatah lama yang sangat terkenal. Siapa tidak kenal maka tidak sayang. Nah, saya kira Anda telah kenal dengan pepatah tersebut. Pepatah tersebut memang tidak terbantahkan. Bagaimana kita mencintai sesuatu jika kita tidak mengenalnya. Barangkali ada yang membantah. Pada zaman dulu untuk melakukan pernikahan kadang-kadang para leluhur kita tidak saling mengenal. Yah, menurut ceritanya memang begitu. Tetapi saya yakin kakek kita pasti kenal bahwa yang akan dinikahinya adalah seorang perempuan. Dan sayapun yakin bahwa mereka tahu bahwa perempun itu jodohnya laki-laki! He he he! Maaf, bukan maksud saya berkotbah masalah pernikahan. Ini hanyalah satu perumpamaan untuk masalah kebudayaan yang akan saya bicarakan. Kebudayaan dalam arti sempit, yaitu kesenian. Maksud saya, bagaimana kita dapat mencintai kebudayaan kita sendiri jika kita tidak mengenalnya.

Nah, pada kesempatakan kali ini kami akan memperkenalkan kesenian tari tradisional yang masih eksist, yaitu tari badui dari dusun Nglengis, Banyurejo, Tempel, Sleman. Siapa tahu setelah berkenalan Anda jatuh cinta. Tari badui ini sebenarnya merupakan tarian yang ditarikan oleh prajurit-prajurit (laki-laki) dengan menggunakan tongkat sebagai propertinya. Agar lebih jelas lagi, silahkan simak foto berikut ini, ketika Kesenian Tari Badui Sabilul Muslimin dari Nglengis tampil di Puro Pakualaman, diaman para penari badui menghentak Puro Pakualaman dengan gerakan energiknya.

Para penari sedang bersiap-siap melakukan pementasan. Mereka bersantai untuk menyusun tenaga agar tidak keteteran dalam melakukan tarian yang energik.


 
Nah, inilah aksi mereka ketika melakukan tarian. Gerakannya energik penuh semangat seperti seorang prajurit yang penuh semangat ketika akan berjihad. Agar Anda tidak penasaran, di bawah ini akan saya tampilkan video tari badui Sabilul Muslimin dari Nglengis Banyurejo Tempel Sleman.



No comments:

Post a Comment