Friday, December 14, 2012

CARA KERJA WEB



Pada postingan yang lalu telah dijelaskan bahwa halaman web merupakan hasil terjemahan kode-kode program dari file-file yang tersimpan di dalam satu komputer yang berperan sebagai server web (web server). Komputer yang mengakses informasi disebut dengan klien web (web klien). Informasi dari webserver diakses oleh web client melalui aplikasi yang disebut web browser. Sekarang ini ada banyak pilihan web browser yang dapat Anda gunakan, seperti Mozilla Firefox, Internet Explorer, Google Chrome, dll. Lantas bagaimana cara kerja web. Untuk memahaminya, silahkan perhatikan gambar di bawah ini yang menunjukkan cara kerja www secara global.


Adapun penjelasan dari gambar di atas adalah:
1.      User (web client) melakukan permintaan (request) informasi ke web server dengan cara menuliskan URL atau alamat di dalam aplikasi web browser. Contoh URL adalah www.google.com, www.kampuskita.tk, www.ebud10.blogspot.com, dll.
2.      Melalui jaringan internet, permintaan tersebut akan diarahkan ke web server yang sesuai dengan URL atau alamat yang dimaksud.
3.      Web Server akan mencari direktori dan file yang sesuai di dalam hardisk
4.      Melalui jaringan internet, web server akan mengirimkan file tersebut ke web client
5.      Dalam web client, file tersebut (yang masih berupa kode HTML) akan diterjemahkan oleh aplikasi web browser menjadi suatu dokumen yang dapat disajikan ke hadapan user.



Demikianlah postingan singkat dari kami, mudah-mudahan bermanfaat. Tentu saja saya berharap mudah-mudah Tuhan memberi kesehatan dan kesempatan sehingga pada waktu yang akan datang kita masih dapat bertemu dengan postingan-postingan yang lebih bermutu. Amiin!

No comments:

Post a Comment