Tuesday, December 11, 2012

WORD WIDE WEB



Pada postingan yang lalu kita telah berkenalan dengan domain dan hosting. Kali ini kita akan membahas World Wide Web atau yang biasa disingkat www. Anda tentu telah familiar dengan World Wide Web meskipun Anda belum memahami apa itu sebenarnya World Wide Web. Karena ketika browsing Anda menuliskan www untuk mencari alamat tertentu. Misalnya www.google.com.

World Wide Web (www), sering disingkat web, adalah suatu layanan di dalam jaringan internet yang berupa ruang informasi. Dengan web tersebut, user dapat memperoleh atau menemukan informasi yang diinginkan dengan cara mengikuti link (hyperlink) yang disediakan di dalam dokumen yang ditampilkan oleh aplikasi web browser.

Saat ini, web telah menjadi antarmuka (interface) standar untuk layanan-layanan lain yang ada diinternet, misalnya email. Dengan menggunakan teknologi web, user akan lebih mudah dalam berinteraksi dengan data yang tersimpan di dalam suatu web server, tanpa harus menuliskan perintah apapun. Permintaan dokumen atau data dari suatu web server dapat dilakukan hanya dengan mengikuti (klik) link yang disediakan di dalam dokumen.

Apa keuntungan yang diperoleh dari layanan Web? Ada beberapa keuntungan yang dapat Anda nikmati dengan adanya teknologi web.


  •  Informasi mudah didistribusikan dan dapat diakses oleh semua pengguna internet di   seluruh dunia.

  •  Konfigurasi server dapat dilakukan secara lebih mudah.

  • Instalasi (upload) aplikasi hanya dilakukan sekali, tanpa harus melakukan instalasi aplikasi di setiap computer user yang ingin mengakses aplikasi tersebut,

  • Tidak tergantung pada platform, artinya informasi maupun aplikasi dapat diakses dari computer yang memiliki system operasi berbeda.  

Dalam teknologi web, informasi akan disajikan dalam bentuk dokumen yang disebut halaman web. Halaman web merupakan hasil terjemahan kode-kode program dari file-file yang tersimpan di dalam suatu computer yang berperan sebagai server web (web server). Komputer yang mengakses informasi disebut dengan klien web (web client). Informasi dari web server diakses oleh web client melalui aplikasi yang disebut web browser, sering disingkat browser. Contoh web browser yang saat ini banyak digunakan oleh pengguna web adalan Internet Explorer dan Mozilla Firefox.
Demikian sekilas tentang World Wide Web (www). Insya Allah pada kesempatan lain kita akan berjumpa lagi dengan pembahasan lainnya. Mudah-mudahan bermanfaat. Amiin!

No comments:

Post a Comment