Friday, December 28, 2012

HOSTING GRATIS

Hosting Gratis. Ketika kita ingin membuat website, mau tidak mau kita harus memikirkan hosting, sebab tanpa hosting website kita tidak dapat diakses browser. Apa pengertian hosting itu? Pada postingan yang lalu kita telah membicarakan tentang hosting, jadi kalau Anda telah membacanya, sedikit banyak Anda pasti telah tahu apa hosting itu? Selain itu, Anda juga memerlukan domain yang akan menjadi alamat website Anda. Ada lagi keterampilan yang harus Anda kuasai jika Anda ingin mendesain website sendiri. Yaitu keterampilan desain grafis (yang populer adalah Adobe Photshop), tahu bahasa HTML, menguasai program pembuat website seperti dream weaver atau yang lainnya. Mungkin Anda merasa berat dengan persyaratan tersebut. Anda tidak usah kecil hati, tanpa menguasai ilmu-ilmu tersebut orang awampun mampu membuat website, dengan memanfaatkan website yang berbasis blog. Jadi, kesimpulannya, tanpa persyaratan tersebut Anda bisa membuat website. Dan jika Anda memanfaatkan blogspot, Anda tidak usah pusing-pusing memikirkan hosting, sebab google telah menyediakannya secara otomatis jika Anda membuat blog.


Yang kita bicarakan kali ini bukan blog yang telah disediakan hosting gratis oleh google, tetapi website yang menggunakan hosting gratis. Artinya, kita mendesain sendiri web tersebut dan kemudian mengupload web kita ke hosting gratis.

Kenapa harus hosting gratis? Sebenarnya tidak ada yang mengharuskan kita untuk menggunakan hosting gratis, sebab jika kita punya duit kita bebas memilih hosting berbayar yang berkualitas. Itulah masalahnya! Makanya rajin-rajinlah cari duit agar kita bebas mengekspresikan kehendak kita. Ha ha ha ha! Tetapi saya sarankan Anda tidak korupsi untuk mendapatkan duit, atau melakukan tindak kejahatan yang merugikan orang lain. Nah, jika Anda benar-benar tongpes, Anda bisa menggunakan hosting gratis untuk belajar membuat website sendiri!

Dan, kali ini saya akan berbagi informasi tentang hosting gratis yang dapat Anda jadikan untuk media belajar Anda. Nah, berikut ini hosting yang dapat Anda coba:
1.    http://www.idhostinger.com/
2.    http://www.000webhost.com/
3.    http://nazuka.net/
4.    http://www.servers-free.com/
5.    http://www.boxhost.me/
6.    http://www.yupage.com/
7.    http://wink.ws/
8.    http://www.fiihosting.com/index.php
9.    http://byethost.com/

Hosting-hosting di atas pernah penulis coba, dan semuanya ternyata bisa berjalan baik. Untuk menguji kualitas dan ketangguhan hosting-hosting gratisan itu memang perlu waktu, tetapi saya kira tidak masalah karena gratis dan dapat dijadikan sarana belajar sebelum kita membuat website yang lebih serius lagi. Sebenarnya, masih ada banyak web hosting gratis yang belum saya informasikan, sebab penulis belum pernah mencobanya. Yang saya informasikan adalah webhosting yang pernah saya coba, jadi Anda tidak usaha kuatir. Untuk membuktikan kata-kata saya Anda dapat mengunjungi web penulis yang menggunakan jasa hosting gratis.

Website penulis yang menggunakan hosting tersebut adalah (1) www.kampuskita.p.ht (menggunakan hosting idhostinger) selain webhosting idhostinger juga menyediakan subdomain yang tidak terlalu panjang yaitu p.ht yang penulis gunakan. (2) www.kampuskita.nazuka.net (3) www.kampuskita.wink.ws (4) www.kampuskita.boxhost.me .

Nah, selamat mencoba menggunakan jasa hosting gratis.







No comments:

Post a Comment