Sunday, December 23, 2012

CARA MENDAFTAR KE HOSTING GRATIS

Cara mendaftar ke hosting gratis, judul ini kedengarannya jadul banget. Memang topik yang kita bicarakan kali ini jadul. Tetapi saya yakin, di luaran sana masih banyak orang-orang yang belum mengerti bagaimana caranya mendaftarkan web kita ke hosting gratis. So ... tutorial ini saya peruntukkan teman-teman yang baru belajar membuat website sendiri. Hosting gratis saya kira pilihan yang tepat sebelum kita melangkah lebih serius.

Bagaimanakah cara mendaftar ke webhosting gratis? Bukan hanya teori atau sebatas kata-kata? Sebelum membuka situs-situs yang saya rekomendasikan, mungkin Anda akan bertanya seperti itu. Anda tidak salah jika memiliki pertanyaan seperti itu, karena sesuatu yang abstrak itu memang sulit diwujudkan. Paling baik memang langsung praktek. Tetapi bagaimana mau praktek jika bayangannya saja belum ada, apa yang harus dilakukan?

Agar tidak terlalu melelahkan karena trial and error, akan saya berikan tutorialnya beserta gambar-gambarnya. Saya akan menggunakan domain dan hosting yang gratisan untuk berlatih. Tentu saja yang saya sampaikan pernah saya coba dan berhasil! Jadi tidak omong-kosong doang! Untuk membuktikannya, sebelum Anda memutuskan, silahkan kunjungi situs-situs berikut ini : www.kampuskita.tk, www.kampuskita.nazuka.net, www.kampuskita.wink.ws, www. kampuskita.boxhost.me, www.tutorial4u.servers-free.com, saya kira cukup lima saja, yang lainnya Anda bisa mencari sendiri untuk experiment agar menemukan webhosting yang benar-benar jempolan! Sekali lagi, agar Anda tidak terlalu lelah, berikut ini adalah beberapa webhosting yang dapat Anda coba untuk menambah pengalaman.

Sebelum Anda melangkah lebih lanjut, akan lebih baik jika Anda sudah menentukan domainnya dulu. Anda akan memakai domain tersendiri, atau subdomain yang disediakan oleh hosting pilihan Anda. Jika Anda memilih yang nomor satu, maka Anda harus mendaftar dulu. Jika Anda memilih yang nomor dua, anda tidak perlu repot-repot mencari domain. Tulis saja nama domain ketika pendaftaran. Contoh penggunaan domain tersendiri yang diintegrasikan dengan hosting yang saya gunakan adalah : www.kampuskita.tk. Sementara itu untuk www.kampuskita.nazuka.net, www.kampuskita.wink.ws, dll. Kami menggunakan subdomain yang telah disediakan. Praktis bukan? Tetapi sayang biasanya domainnya panjang sehinggu kurang menarik, tetapi jika Anda cocok dan senang tidak masalah menggunakan subdomain yang telah disediakan oleh hosting yang Anda pergunakan.

Namun, jika Anda ingin menggunakan domain sendiri, silahkan tulis www.dot.tk , Anda akan masuk situs domain dot tk. Contoh jadinya sepertei situs saya www.kampuskita.tk. Tidak terlalu panjang kan? Kesannya seperti domain berbayar, padahal domain itu gratis. Untuk cara mendaftar di domain tersebut kita pelajari nanti saja, sekarang mari kita fokuskan mendaftar/membuat website dengan hosting www.000Webhost.com. 

00Webhost.com merupakan hosting gratis yang terkenal. Untuk mendaftar tulis URL di atas addres bar, kemudian klik Order Now untuk mendaftar. Agar lebih jelas, perhatikan gambar berikut ini;



Gambar di atas adalah beranda 00Webhost.com. Lihat ke bawah lagi, Anda akan mendapatkan gambar seperti berikut:




Klik Order Now atau Sign Up untuk masuk form pendaftaran. Perhatikan dengan seksama, kemudian isi form tersebut sesuai dengan data Anda. Setelah selesai silahkan klik create account, kemudian Anda akan dituntuk ke langkah-langkah berkutnya. Bagaimana langkah-langkah selanjutnya? Tunggu postingan yang akan datang. Kami akan membahas Cara Mendaftar ke Hosting Gratis.













No comments:

Post a Comment