Sunday, December 9, 2012

PENGERTIAN DOMAIN DAN HOSTING


Selamat bertemu kembali, setelah beberapa saat tidak dapat hadir di hadapan Anda oleh kesibukan di dunia nyata yang tidak dapat saya tinggalkan, kali ini kita ditakdir oleh Allah untuk bertemu kembali di dunia maya. Mudah-mudahan Allah selalu memberikan hidayah kepada Anda. Amin! Alhamdulillah, kali ini saya dapat hadir lagi di dunia maya. Untuk pertemuan kali ini saya tidak akan membahas masalah yang berat-berat, karena terus terang saja saya tidak bisa. Kita bicara yang ringan-ringan saja, yaitu membicarakan masalah domain, hosting, dan seputar masalah itu. Meskipun ini masalah biasa, tetapi saya yakin di luar sana masih banyak saudara kita yang belum mengetahuinya. Nah, oleh karena itu, saya ingin berbagi dengan Anda. Mudah-mudah apa yang saya samapaikan bermanfaat bagi Anda! Amiin!


Domain dan Hosting
Anda mungkin sudah sering mendengar istilah ini, meskipun Anda belum mengerti dengan jelas apa domain atau hosting itu? Domain adalah alamat/nama sebua website. Misalnya www.yahoo.com, www.google.in, dll. Itulah yang dinamakan domain. Mungkin Anda bertanya-tanya, apa itu com, org atau co.id, dll? Semua itu adalah level domain yang dapat Anda pilih sesuai dengan kebutuhan Anda.
Berikut ini daftar top level domain yang sering dipapai beserta penjelasan singkatnya:
.com          Inilah top level yang sangat terkenal. Orang awam lebih kenal dengan dot com dibandingkan dengan yang lainnya.
.org      org kependekan dari organization. Target penggunanya adalah organisasi-organisasi
.edu       edu adalah kependakan dari education. Target penggunanya adalah institusi pendidikan.
.bizz        bizz adalah kependekan darai business. Target penggunanya adalah perusahaan-perusahaan komersial.
.co.id         bizz adalah kependekan darai corporate Indonesia. Target penggunanya adalah perusahaan-perusahaan komersial yang memenuhi syarat. Untuk mendapatkan level domain .co.id sebuah perusahaan harus memiliki NPWP, SIUP/TDK, dll.
.web.id       Target penggunanya adalah perusahaan/perorangan yang berbisnis di seputar dunia internet/web.
.sch.id      Target penggunanya adalah sekolah-sekolah. Jadi, selain sekolah mustahil untuk menggunakan level domain ini.
.ac.id         Target penggunanya adalah perguruan tinggi/akademi.

Dari table top level domain di atas, pertimbangkanlah mana yang cocok untuk web Anda. Selain itu perlu Anda ketahuai, selain domain yang  telah saya sebutkan di atas, ada juga domain-damain gratis yang dapat Anda gunkan. Seperti web penulis : www.kampuskita.p.ht, domain ini saya peroleh dari Idhostinger. Anda juga dapat mengunjungi www.dot.tk.com untuk mendapatkan domain gratis. Silahkan mencoba sendiri untuk berburu domaian gratis jika Anda belum mempunyai cukup uang atau sekedar ingin coba-coba.

HOSTING
Hosting adalah tempat untuk meletakkan web Anda. Untuk mempermudah pemahaman, bayangkan saja hosting itu adalah sebuah drive (bayangkan seperti hardisk yang terpasang di computer Anda) untuk meletakan website/blog Anda. Drive ini terpasang di sebuah computer milik si penyedia layanan jasa hosting. Agar dapat diakses setiap saat, computer ini harus menyala dan online selama 24 jam nonstop tiap harinya. Komputer inilah yang disebut server. Dewasa ini banyak bermunculan perusahaan-perusahaan hosting yang berlomba-lomba mencari simpati kita untuk memakai jasa mereka. Namun ada beberapa yang memberikan fasilitas kurang. Untuk itu, kita harus jeli dalam memilih perusahaan hosting agar tidak terjebak dengan tipu rayu iklan mereka. Mudah-mudahan bermanfaat. Wasalam!






No comments:

Post a Comment