Sunday, November 11, 2012

BAKAT DAN KREATIVITAS ANAK

Masing-masing anak memiliki bakat sendiri. Agar pendidikan berhasil dengan baik, seorang pendidik harus mengenal bakat masing-masing anak, sebab dengan mengenal bakat tersebut seorang guru akan dapat menerapkan strategi pendidikan yang pas, sehinggga hasilnya menjadi maksimal.



Pandangan baru dalam pendidikan mengakui bahwa tiap-tiap orang dapat memiliki bakat lebih dari satu macam. Dengan demikian lingkungan pendidikan, sarana pendidikan, dan media pendidikan harus memberikan peluang yang cukup dan beraneka ragam untuk mengembangkan potensi atau bakat yang dimiliki oleh setiap anak. Kecuali itu guru atau pendidik pada umumnya juga dituntut untuk mendektesi anak sejak usia dini, peka, kreatif dan aktif memantau perkembangan anak.

Bakat yan dimiliki anak perlu dikembangkan dengan cara memberi lingkungan yang kondusif, memberi sarana dan prasarana yang diperlukan anak untuk berinovasi, mencoba dan melakukan kegiatan atas kemauan sendiri. Pendidikan memantau, melihat kegiatan yan dilakukan. Biarkan mereka berinovasi dan mencoba melakukan kegiatan-kegiatan yang menarik. Namun demikian kita tidak bisa melepaskan mereka begitu saja, karana anak-anak seusia mereka masih perlu pengawasan.

No comments:

Post a Comment